Jauhi Wilayah ini Jika Kamu Pulang Tengah Malam di Kota Bandung

Bandung adalah kota metropolitan terbesar yang ada di Provinsi Jawa Barat. Sudah menjadi rahasia umum bahwa kota-kota besar sangat rawan adanya tindak kejahatan. Faktor ekonomi yang tidak cukup untuk hidup di kota besar membuat beberapa orang nekat melakukan apapun, tidak peduli meski merugikan orang lain.

Maka dari itu, bagi kamu yang tinggal di kota Bandung harus selalu mawas diri agar tidak menjadi korban tindak kriminalitas. Salah satu caranya adalah hindari daerah-daerah yang rawan tindak kejahatan. Dimana saja daerah di kota Bandung yang perlu diwapadai? Berikut ulasannya untuk Anda.


Lokasi di Kota Bandung yang Rawan Aksi Kejahatan

Berikut kawasan rawan tindak kejahatan yang telah dipetakan oleh Polresta Bandung, yakni:

1. Kawasan Jalan Cipaganti

Jalan Cipaganti merupakan penghubung antara Pasteur dengan wilayah utara kota Bandung (Jalan Lembang atau Setiabudi). Pada siang hari jalan ini memang padat dengan kendaraan, namun ketika malam hari suasana kawasan Cipaganti begitu sepi. Maka dari itu, sebaiknya kamu jangan sendirian melewati jalan ini saat malam hari.

2. Kawasan Jembatan Layang Pasupati

Jembatan Layang Pasupati merupakan surga bagi pelaku kejahatan. Mengapa demikian? Saat malam hari kondisi jembatan cukup sepi, penerangan jarang, dan track cukup panjang, sehingga pelaku dapat dengan mudah melarikan diri. Salah satu tindak kriminal yang pernah terjadi di kawasan jembatan Layang Pasupati diantaranya, pembegalan disertai kekerasan hingga korban meninggal. Sebagai bentuk kewaspadaan, jika kamu harus melakukan perjalanan malam, maka jangan melalui kawasan ini.

3. Kawasan Jalan Dago-Cibiru

Kawasan rawan selanjutnya adalah jalan yang menghubungkan Dago hingga Cibiru, yakni jalan A. H Nasution dan jalan Cipadung. Sepanjang kawasan ini cukup lengang saat malam hari dan penerangan jalannya banyak yang rusak. Lebih baik kamu jangan melintasi sepanjang kawasan ini saat malam hari.

4. Kawasan Jalan Lombok

Jalan Lombok terletak di tengah kota Bandung dan sepanjang tepi jalan dipadati oleh deretan tempat kuliner dan factory outlet. Kendati demikian, jalan Lombok masih sering terjadi tindak kriminal. Salah satu tindak kriminal yang pernah terjadi di kawasan ini adalah penjambretan terhadap pejalan kaki oleh pelaku kejahatan yang mengendarai sepeda motor. Maka dari itu, kamu harus waspada saat berada di jalan Lombok.

5. Kawasan Jalan Taman Sari

Jalan Taman Sari berada dekat dengan kawasan Institut Teknologi Bandung (ITB) dan merupakan rute menuju Kebun Binatang Bandung. Kondisi yang sepi saat malam hari membuat jalan Taman Sari masuk dalam kawasan rawan tindak kejahatan. Jadi sebaiknya kamu menghindari lewat jalan ini saat malam hari.

Nah, itulah beberapa kawasan yang sebaiknya kamu hindari saat malam hari. Sebenarnya, pihak kepolisian bersama pemerintah telah berupaya agar semua kawasan di kota Bandung menjadi aman. Namun, seperti yang perkataan yang dulu pernah disampaikan dalam acara berita di televisi, ‘Kejahatan terjadi bukan semata-mata karena niat dari pelakunya, namun juga karena ada kesempatan’. Maka dari itu kamu harus tetap waspada, jangan beri celah untuk penjahat. Waspadalah! Waspadalah!