Tips Cari Wallpaper Apartemen Supaya Terlihat Segar dan lebih Luas

Apakah kamu sedang berencana memasang wallpaper untuk apartemenmu? Memilih wallpaper untuk ruangan yang terbatas, seperti apartemen, bukanlah perkara yang mudah. Kamu harus memperhatikan banyak aspek agar pemasangan wallpaper dapat memberikan kesan lebih luas dan indah.

Salah pemilihan wallpaper justeru akan membuat ruangan apartemenmu terasa semakin sempit. Maka dari itu, sebelum memasang wallpaper, alangkah baiknya kamu memperhatikan beberapa tips berikut ini agar sesuai dengan kondisi hunianmu.


Apa yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Memasang Wallpaper?

Berikut beberapa aspek sekaligus tips yang perlu kamu perhatikan sebelum menentukan wallpaper untuk apartemenmu, diantaranya:

1. Fungsi Ruangan

Aspek pertama yang perlu kamu pertimbangkan adalah fungsi dari ruangan yang akan kamu pasang wallpaper. Meskipun ruangan apartemen cukup terbatas, namun tentu ada fungsi tertentu d isetiap bagian ruangan, misal ruang tamu, ruang belajar, tempat tidur, atau yang lainnya. Masing-masing fungsi ruangan memiliki kecocokan dengan wallpaper yang berbeda. Sebagai contoh, jika kamu mau memasang wallpaper di ruang tamu, maka wallpaper yang sesuai adalah berwarna terang dengan motif yang sederhana.

2. Luas Ruangan

Sebagaimana diketahui bahwa setiap apartemen memiliki luas yang berbeda, tergantung jenis unit yang kamu sewa. Maka dari itu kamu perlu mempertimbangkan luas ruangan sebelum memilih jenis, warna, motif, dan bahkan posisi meletakkan wallpaper.

3. Pemilihan Warna

Setelah menentukan ruangan serta mempertimbangkan luas, maka selanjutnya adalah memilih warna yang bisa membuat ruangan tampak lebih luas dan segar dipandang. Namun penting juga untuk menyerasikan dengan perabotan yang ada di hunian. Beberapa rekomendasi warna yang terbukti dapat memberikan kesan ruangan lebih luas diantaranya, blue navy, merah menyala, krem (beige), abu-abu, putih, hijau lemon, merah anggur, dan warna pastel.

4. Pemilihan Motif

Wallpaper memberikan fungsi keindahan pada ruangan, maka dari itu perlu dipertimbangkan juga motifnya. Pemilihan motif dapat kamu sesuaikan dengan fungsi ruangan yang akan dipasangi wallpaper. Misal, apabila kamu ingin memasang wallpaper di ruang tamu, maka pilihlah motif dengan ukuran besar, sehingga ruangan terasa lebih hidup.

Kamu juga bisa menggunakan motif kayu yang bisa memberikan kesan luas. Sedangkan untuk wallpaper kamar, kamu bisa memilih motif yang lebih sedikit untuk memberikan kesan lebih nyaman. Kamu juga dapat menggunakan motif mural yang simpel dengan dasar dinding berwarna putih.

5. Pemilihan Jenis Bahan Wallpaper

Langkah terakhir adalah kamu perlu mempertimbangkan jenis bahan wallpaper yang akan digunakan. Di pasaran ternyata banyak sekali jenis bahan wallpaper, yakni kertas, heavy duty paper, kain, vinyl, foil, dan beludru. Pemilihan jenis bahan ini tentu tergantung dengan kesan yang kamu inginkan. Misal wallpaper jenis beludru akan memberikan kesan hangat dan elegan pada ruangan.

Itulah beberapa tips dan aspek yang bisa membantu kamu memperoleh wallpaper agar ruangan apartemenmu bisa terasa luas dan segar dipandang. Semoga bermanfaat dan selamat bereksperimen dalam memilih wallpaper untuk hunian ternyaman.