Perbandingan Harga Apartemen dengan Rumah Kecil untuk Keluarga Sederhana

Selain sandang dan pangan, tempat tinggal atau papan juga termasuk kebutuhan primer yang harus dipenuhi semua orang. Namun, bagi sebagian orang, terutama yang tinggal di kota besar, memiliki tempat tinggal adalah hal yang cukup sulit. Mahalnya harga hunian membuat beberapa keluarga harus mempertimbangkan banyak aspek.


Bagi keluarga dengan anggota sedikit, ada dua jenis yang bisa dipilih, yakni apartemen atau rumah berukuran kecil. Nah bagi kamu yang juga berniat memilih apartemen atau rumah berukuran kecil, sebaiknya memperbandingkan harga keduanya.

Pilih Apartemen atau Rumah Kecil?

Aspek yang paling krusial sebelum menentukan pilihan apartemen atau rumah kecil adalah dari segi harga. Kali ini akan diberikan contoh mengenai harga apartemen dan rumah kecil yang ada di wilayah Jakarta. Mengapa Jakarta? Karena kota ini merupakan kota yang paling besar dan cukup mahal biaya hidupnya, sehingga kamu bisa menerka-nerka harga dan fasilitas yang ada di wilayah lain.

Dilansir dari rukamen.com, harga paling murah untuk apartemen dan rumah kecil adalah Rp 350 juta. Dari segi harga keduanya sama, selanjutnya mari dilihat kondisi dan fasilitas dari apartemen dan rumah kecil tersebut.

Kondisi dan Fasilitas Apartemen seharga Rp 350 juta

Berikut kondisi dan fasilitas yang akan kamu dapatkan ketika memilih tinggal di apartemen seharga Rp 350 juta, diantaranya:
  1. Apartemen dilengkapi dengan fasilitas berupa air dan listrik yang memadai, tempat parkir, bahkan beberapa juga menyediakan AC
  2. Apartemen berada di lokasi yang strategis. Biasanya dekat dengan sekolah, tempat kerja, rumah sakit, dan pusat perbelanjaan.
  3. Apartemen memiliki sertifikat HGB atau SHM.
  4. Apartemen memiliki luas antara 21, 25, atau 26 meter.
  5. Cara kepemilikan bisa menggunakan sistem cicilan atau sistem KPA (Kredit Pemilikan Apartemen). 
Kondisi dan Fasilitas Rumah Kecil seharga Rp 350 juta

Berikut kondisi dan fasilitas yang akan kamu dapatkan ketika memilih tinggi di rumah kecil seharga Rp 350 juta, diantaranya:
  1. Rumah memiliki fasilitas terbatas dengan luas cukup kecil, yakni sekitar 20 X 30 meter2 diatas tanah berukuran 30 meter sampai 50 meter.
  2. Rumah memiliki sertifikat hak milik atau PPJB
  3. Lokasi rumah berada di perkampungan atau gang berukuran kecil yang tidak dapat dilalui mobil.
  4. Cara kepemilikan harus tunai karena tidak termasuk dalam kriteria KPR Bank.
Nah, itulah perbandingan dari apartemen dan rumah berukuran kecil. Penentuan memilih diantara keduanya tergantung dengan kebutuhanmu. Masing-masing memiliki keunggulan dan kekurangan. Kalau kamu lebih membutuhkan fasilitas, maka sebaiknya memilih apartemen. Namun kamu hanya memiliki hak milik atas ruangan di dalamnya saja. Sedangkan apabila kamu memilih untuk membeli rumah, kamu akan memiliki hak atas rumah sekaligus tanah. Jadi, apa yang akan kamu pilih?